Bisnis Informatika dan Perkembangannya di Indonesia

0 komentar

Bisnis Informatika dan Perkembangannya di Indonesia







Dari judul di atas akan saya jelaskan apa itu yang dimaksud bisnis informatika beserta perkembangannya di Indonesia.
  • Bisnis adalah suatu usaha memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas dalam menjual maupun menghasilkan barang atau jasa  dengan motif mencari keuntungan.
          Fungsi Bisnis :  Mencari dan menemukan sumber bahan baku
                                     Mengolah bahan baku menjadi bahan jadi
                                     Menyalurkan produk jadi ke tangan konsumen
  • Informatika adalah suatu seperangkat alat yang membantu kita dalam bekerja dengan informasi dan melakukan tugas - tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer melainkan mencakup juga teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarkan informasi.
  • Bisnis Informatika adalah Suatu usaha untuk memberikan maupun menyediakan layanan jual beli barang atau jasa dengan memanfaatkan teknologi informasi sehingga memudahkan dalam hal transaksi bisnis.
          Adapun aspek-aspek yang terkait dalan bisnis informatika adalah :
                - Legalitas
                - Sumberdaya manusia
                - Pemasaran
                - Keuangan

Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia.

          Perkembangan teknologi informasi di Indonesia dapat dikatakan sangatlah pesat terutama di bidang bisnis. Penggunaan komputer, software maupun internet di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan. Ini adalah salah satu bukti bahwa bisnis di bidang informatika dapat terus dikembangkan bahkan masyarakat dapat mengakses segala macam informasi dalam bentuk apapun di internet. Internet adalah jaringan komputer tanpa mengenal batas jarak dan waktu yang didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga dinamis dan interaktif. Tidak heran jika sumber daya manusia di bidang TI semakin dibutuhkan, banyak perusahaan yang menawarkan jasa maupun produk-produk nya lewat layanan internet ini selain biaya yang murah internet dapat diakses oleh seluruh kalangan masyarakat.
         Seiring dengan bermunculannya web yang berbasis social media, penggunaan blog sebagai media tulis , web yang dipakai untuk transaksi jual/beli (e-commerce) maka tidak heran jika penggunaan internet di Indonesia sudah menjadi kebutuhan yang umum bagi masyarakat. Dengan semakin berkembangnya dunia internet masyarakat di Indonesia juga dimudahkan dalam melakukan transaksi perdagangan atau perniagaan barang dan jasa dengan media elektronik inilah yang disebut dengan E-Commerce. Masyarakat juga dapat menggunakan layanan internet untuk saling berkomunikasi dengan teman maupun saudara tanpa memikirkan waktu maupun jarak dengan adanya Social Media yang semakin berkembang (Facebook, twitter, dll ). Adapun masyarakat juga dapat mengakses informasi-informasi yang unik dan melakukan transaksi jual/beli pada situs Kaskus yang dibuat oleh orang Indonesia. 
       Dengan semakin meningkatnya akses internet di Indonesia maka pelayan jasa penyedia internet di Indonesia (Provider) semakin bertambah pula. Dari mulai penyedia layanan telekomunikasi Indonesia yang menawarkan layanan internet berupa Speedy hingga ISP lain seperti Biznet, First media, dll. Penyedia layanan internet juga bersaing untuk memberikan akses internet yang lebih cepat dengan bandwitdh yang berbeda-beda. 
        
Berikut adalah pengertian bisnis informatika dan perkembangan bisnis informatika di Indonesia menurut  pandangan saya. 



komentar (0)

Posting Komentar