Eset Minimalkan Fase Positive

0 komentar

Pernahkah Anda mengalami deteksi yang keliru dari sebuah antivirus?
Ceritanya begini, Anda memiliki file penting. Nah, pada saat Anda sedang melakukan scanning, file tersebut justru diklaim sebagai file yang "terinfeksi" (virus, malware, dll) padahal dalam kenyataannya file tersebut bersih.

False Positive merupakan cara lain untuk menyatakan 'mistake' atau keliru. Sebuah program antivirus dalam operasinya dapat mengalami yang namanya False Positive ini.

Kondisi ini tentunya cukup merepotkan, apa lagi jika file tersebut merupakan file yang penting. Produktivitas Anda pun menjadi melambat karena terpaksa harus melakukan backup file yang dinyatakan "terinfeksi" tersebut.

Nah, kasus false alarm seperti ini pada akhirnya memang tidak dapat dihindari karena performa kerja antivirus yang cukup ketat dalam melakukan scanning files.

Kendati demikian, istilah False Positive sebenarnya tidak hanya dikenal di dunia antivirus. Pada bidang proteksi anti-spam misalnya. Istilah False Positive dapat diartikan sebagai kesalahan identifikasi terhadap pesan email yang dianggap spam. Hal ini pun dapat menjadi masalah karena email yang diklaim terinfeksi spam dapat saja email penting sehingga tidak dapat terkirim.

False Positive pun tidak hanya terkait dengan scanner, tetapi juga ke "Web Appplication Firewalls" dan "NIDS's/IDS's/IPS's".

Program-program yang digunakan untuk menyaring atau mem-filter spam, False Positive alarm bisa muncul dalam bentuk mail sungguhan tetapi dinyatakan sebagai spam. Sehingga otomatis, pesan atau surat yang masuk ke server atau program penyaring spam di komputer client akan dikembalikan ke pengirim sebagai bounce email.

Untuk itu, jika Anda mengalami False Positive, dianjurkan untuk berkomunikasi dengan pihak vendor antivirus untuk mencari solusi atas masalah tersebut. Sebab bisa saja masalahnya adalah pada komputer Anda yang rentan terhadap 'security check' tertentu.

Dengan demikian, sebuah produk keamanan dikatakan andal jika mampu melakukan scanning secara proaktif dan ketat terhadap semua file yang ada dan masuk ke komputer. Nah, pada titik inilah tantangan bagi produk keamanan untuk bisa menjamin keamanan komputer dan scanning yang ketat. Vendor keamanan komputer Eset menanggapi masalah ini melalui produk keamanannya dengan Eset Advance Heuristic Engine untuk meminimalkan tingkat false alarms.

komentar (0)

Posting Komentar